Kementerian Pertahanan RI Meninjau POS-AL Nias Utara

TNI Alfret BH Rantetandung (kiri) dan Bupati Nias Utara Drs. Edward Zega, S.Sc. MM
Foto Brigjen TNI Alfret BH Rantetandung (kiri) dan Bupati Nias Utara Drs. Edward Zega, S.Sc. MM

Nias Utara (forlip-kanira.com)

Kementarian Pertahanan Republik Indonesia Inspektur Pengadaan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Brigjen TNI Alfret BH Rantetandung meninju pembangunan POS-AL yang dibangun di Kecamatan Lahewa Kabupaten Nias Utara, Selasa (15/9/2015). Disambut dengan pengalungan bunga, dan tarian sekapur sirih dari sanggar budaya Ehowu Kecamatan Lahewa dan dilanjutkan dengan pertukaran cendramata berupa Plakat, dan Inspektur Pengadaan Kementerian RI menyerahkan langsung bahan kontak berupa TV, Komputer, dan Printer kepada DANPOS-AL Lahewa yang diterima oleh Letda Laut TB. Gunawan. Serta dilanjutkan penanaman pohon dan peninjauan bangunan POS-AL.

Kegiatan ini dihadiri Danlanal Nias Kolonel Laut Pelaut Ivan Gatot Prijanto, Komando Pangkalan Angkatan Laut Teluk Dalam, Anggota DPRD, Staf Ahli Bupati Nias Utara, Asisten Sekda, Kepala SKPD, Camat se-Kabupaten Nias Utara, Danramil 05 Lahewa, DANPOS-AL Lahewa, Lurah Pasar Lahewa dan tokoh masyarakat Lahewa.

Bupati Nias Utara Edward Zega, dalam kata sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Inspektur Pengadaan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia beserta rombongan yang telah meluangkan waktu datang di Nias Utara untuk meninjau bangunan POS-AL yang telah dibangun di Kecamatan Lahewa pada bulan September 2014 yang lalu.  Kabupaten Nias Utara mempunyai 11 Kecamatan, 120 Desa dan 1 Kelurahan, dengan jumlah penduduk Nias Utara sampai Bulan Agustus 174000 jiwa, menyampaikan Nias Utara merupakan Kabupaten Nias Utara merupakan terluar di Pulau Nias dimana pada bagian barat berbatasan dengan laut Aceh dan Gunungsitoli sebelah Utara berbatasan dengan Nias Barat dan Samudera Hindia.

“dengan adanya POS-AL di Kecamatan Lahewa salah satu solusi dalam mengawasi wilayah laut sekitar kabupaten Nias Utara, karena selama ini banyak kapal Negara Asing yang masuk di Laut Indonesia yang bertujuan mencuri ikan diperairan khususnya di Kabupaten Nias Utara, harapan kedepan keamanan perairan di perbatasan sebelah Barat Aceh dan Samudera Hindia di perbatasan Utara semakin aman” kata Edward.

Dalam arahan dan bimbingan Inspektur Pengadaan Kementerian Pertahanan Indonesia Brigjen TNI Alfret BH Rantetandung, mengucapkan terimakasih banyak kepada Pemerintah Daerah Nias Utara atas sambutan yang sangat luar biasa ini dan antusias masyarakat untuk membangun POS-AL di Lahewa.

“kedatangan kami disini melihat dan memantau keberadaan POS-AL Lahewa sejauh mana pembangunan yang sudah dilaksanakan pada bulan September 2014 yang lalu dan akan di resmikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut dibulan depan” kata Alfret.

Pembangunan POS-AL ini adalah atas usulan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara mengingat banyak informasi pencurian ikan  dari Negara lain seperti Vietnam, Thailand dan oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab dengan cara menggunakan bom ikan dan Pukat Trawl (Pukat Harimau) di daerah laut kita ini dan berharap mari kita bersama-sama lestarikan alam kita ini, jangan membiarkan negara lain mencuri kekayaan alam yang kita miliki mari kita kelola laut kita guna untuk anak cucu kita kedepan (r)